-->

Tips Merawat Bunga Mawar Lengkap


Tips Merawat Bunga Mawar - Sebenarnya merawat bunga mawar tidaklah rumit karena bunga ini tidak terlalu memerlukan banyak perawatannya. Pada masa -+ 1 bulan sampai 2 bulan seusai penanaman bunga mawar harus di siram setiap hari, di sore hari ketika matahari sudah tak begitu terlihat maka lakukanlah penyiraman di daunnya.

Sekitar kurang lebih dua bulan bunga mawar jangan terlalu berulang kali di siram. Dan jika bunga mawar sudah berbunga jangan lupa untuk memangkas dahan-dahan pohon yang sudah kering agar bertujuan bunga mawar tersebut tumbuh dan akan lebih sering berbunga.

Tips Merawat Bunga Mawar

Tips Cara Merawat Bunga Mawar

Kebanyakan orang menyukai bunga ini. Mawar merupakan bunga yang elok tidak hanya di lihat dari rupanya dia juga mempesona dan juga anggun dengan keharuman serta keindahan warnanya yg beraneka ragam.Bunga mawar kenyataannya banyak dijadikan sebagai hadiah saat menyatakan perasaan sayang pada seseorang, kebanyakan juga mawar sering diberikan untuk kaum perempuan. Tapi pernahkah kalian menyadari cara merawat bunga mawar yang baik dan juga benar ? Cara merawat bunga mawar sebenarnya susah2 gampang, bermodalkan tekad merawat serta beberapa keahlian kalian bisa merawat bunga kalian sampai berbunga banyak.

Bahkan bila cara merawat bunga mawar kalian tekuni, kalian bisa juga menjadikan bunga mawar sebagai dagangan untuk dijual. Namun dengan syarat kalian harus meningkatkan kualiti dari bunga mawar serta dengan menciptakan beraneka macam warna dari bunga mawar itu sendiri. Tapi sebelum melangkah pada hal tersebut ada baiknya kalian lebih mendalami bagaimana caranya merawat bunga mawar yang baik & benar.

Tips Untuk Merawat Bunga Mawar :

  1. Janganlah menyiram mawar sampai menggenang pada pot bunganya.
  2. Ketika menyiram bunga, siramlah langsung ke bagian tanah. Karena daun dari bunga mawar sangat rentan kering apabila terkena air.
  3. Jangan meletakkan bunga mawar di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Kalau bisa pakailah peneduh jaring di atas tempat kalian menanam bunga mawar.
  4. Potonglah daun yang sudah mulai mengering, ketika memangkas pakailah gunting bunga atau gunting yang memiliki ketajaman yang bagus. Dan ketika memangkas jangan menggunakan teknik memotong serong.
  5. Cara membudidayakan ataupun memperbanyak tanaman mawar ini sangat banyak antara lain melalui biji, okulasi, setek, cangkokan ataupun dengan membelah anakan. Namun untuk lebih efisien sebaiknya gunakan cara setek. Cara tersebut dianggap ampuh karena bisa membuat bunga mawar jadi tumbuh banyak.
  6. Tetapi bisa juga dengan melakukan pembibitan. Agar tumbuh dengan baik. Pilihlah biji bibit yang bagus (bila ditaruh di air maka ia akan tenggelam). Selanjutnya dengan melakukan penyediaan benih dengan memilih buah mawar yg produktif berbunga ataupun sudah unggul dan sudah matang lalu dipetik. Siapkan lahan dalam bentuk tanah yang berhumus serta berpasir dengan perbandingan 1 banding 1. Kemudian masukkan biji mawar barusan kedalam tanah tersebut kemudian siram dengan air bersih sampai cukup lembab. Lalu tanamkan buah mawar kedalam tanah tersebut sampai terkubur. Biarkan buah mawar membusuk di dalam kondisi media yang lembab. Waktu yg diperlukan berkisar antara dua sampai sembilan bulan.
  7. Setelah jangka waktu pembusukan buah mawar selesai, angkatlah biji-biji mawar dari buah yang sudah membusuk serta jangan lupa pilih biji mawar yg paling baik, yakni jika ditaruh di air maka dia akan tenggelam. Kemudian bersihkan biji mawar dengan air selanjutnya dikeringkan di tempat yang teduh. Semaikan biji mawar dengan merata menurut barisan di jarak antar-baris 5-10 centimeter di dalam bak ataupun baskom. Biji akan berkecambah ketika 4 minggu setelah disemaikan.
  8. Pemeliharaan pembibitan dikerjakan dengan menyiram tempat penyemaian secara rajin 1 sampai 2 kali dalam satu hari. Kemudian masukkan bibit mawar yg sudah cukup besar ke dalam polibag kecil yang telah diisi bersama campuran tanah, pasir, & pupuk organik. Selanjutnya lakukan pemindahan bibit dengan menggunakan cara memindahkan tanam bibit mawar yg telah berumur 22 bulan pada lahan berupa tanah di kebun ataupun tempat yang dijadikan sebagai tempat penanaman tetap ataupun permanen, seperti misalnya pot.
  9. Tahap berikutnya yakni dengan melakukan bagian penanaman bunga mawar seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu dengan memakai tanah yang subur serta gembur dan mendapat sinar matahari supaya memperkuat tanaman tersebut, baik untuk yg ditanam di kebun ataupun di dalam pot. Jangan lupa berikan pupuk kandang ataupun pupuk buatan yang memang khusus disiapkan untuk penanaman bunga mawar. Kasih pupuk dilakukan dengan cara disebar sampai merata dengan tanah agar terserap sampai ke akarnya.
  10. Untuk penanaman yang ada di kebun jangan lupa untuk membuat bedengan dengan ukuran lebar 99-119 cm, tinggi 29 cm, jarak antar bedengan 29-39 cm, dan panjangnya tergantung dari keadaan lahan. Kalian bisa juga membuat bentuk taman mawar sesuai dari selera kalian yang tentu saja serasi dengan pekarangan sekitar supaya terlihat lebih indah.

Kategori : Bunga Mawar, Cara Merawat Bunga

Terimakasih sudah membaca Tips Merawat Bunga Mawar Lengkap. Jangan lupa untuk berbagi...



Back To Top